KMP. Marina Segunda selesai dock

.Postingan kali ini membahas tentang kapal KMP. Marina Segunda milik PT. Jembatan Nusantara. Mungkin ada yang pernah memperhatikan secara visual kapal KMP. Marina Segunda ini?. Mungking ada yang tidak menyadari, bahwa KMP. Marina Sugunda ini memiliki bentuk yang unik, yaitu kapal ini memiliki struktur 2 (dua) lambung atau yang sering disebut dengan Katamaran. Kapal Kataraman merupakan kapal dengan dua lambung kembar yang dihubungkan dengan  struktur bridging. Di Pelabuhan Penyeberangan Lembar, terdapat 2 (dua) buah kapal penyeberangan yang mempunyai strukur 2 (dua) lambung yaitu KMP. Marina Perimera milik PT. Jembatan Nusantara.

Kapal KMP. Marina Segunda mempunyai panjang 48,34 meter dengan lebar 16 meter dengan kapasitas penumpang berdasarkan Sertifikat Keselamtan Kapal Penyeberangan 185 orang dan kapasitas angkut kendaraan roda 4 campuran kurang lebih sebanyak 20 unit kendaraan roda 4 campuran. kapal Marina Segunda merupakan kapal yang dibangung di Jepang.

KMP. Marina Segunda lama tak terlihat pada jadwal karena melakukan dock tahunan, namum kini telah selesai melaksanakan docking tahunan di PT. Dock dan Perkapalan Surabaya (Persero) dan tiba di Pelabuhan Lembar pada 21 Juli 2023. Pada tanggal 24 Juli 2023, tim teknis Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Nusa Tenggara Barat melakukan pemeriksaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 62 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan.

Pemeriksaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan suatu pemeriksaan wajib yang dilakukan sebelum kapal angkutan penyeberangan (Kapal Ferry) masuk jadwal operasi memeberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Dalam pemeriksaan ini dilakukan beberapa pemeriksaan baik secara fisik dan fungsi terhadap fasilitas yang disediakan di atas kapal yang meliputi aspek keselamatan, kenayamanan, dan keamanan.

Dari hasil pemeriksaan terhadap kapal KMP. Marina Segunda, kapal tersebut memiliki 2 (dua) buah rampdoor di haluan dan burikan dan menyediakan fasilitas keselamatan pada cardeck / geladak kendaraan berupa ganjal dan tali lashing berupa rantai, belt, dan tali. Dari kenyamanan lantai cardeck / geladak kendaraan dicat warna hijau dan terdapat gari kunis pemisah lajur, memiliki 4 (empat) buah tangga naik menuju ruang penmpang. Dari segi keamanan telah tersedia CCTV dan himbauan kepada pengguna jasa dan alat pemadaman dapat berfungsi dengan baik.

Pada pemeriksaan fasilitas pelayanan kepada penumpang, KMP. Marina Segunda memiliki 2 (dua) buah penumpang yaitu raung penumpang ber-AC dan ruang tidak ber-AC yang menggunakan kipas. Terdapat ruang informasi yang digabung dengan ruang kantin yang akan melayani para penumpang yang membutuhkan informasi dan bantuan. Terdapat toilet terpisah andara laki-laki dan perempuan. Terdapat pula ruang laktasi / ruang menyusui berada diruang penumpang yang disediakan untuk ibu yang ingin menyusui anaknya. Apabila penumpang membutuhkan perawatan medis, terdapat fasilitas medis berada di upper deck yang bisa digunakan untuk kebutuhan pertolongan awal tindakan medis dan  sakit ringan.

Dalam uji coba kecepetan berlayar, KMP. Marina Segunda mampu melaju dengan kecepatan 10,5  knot atau 19,5 km/jam kecepatan di darat.

Berikut visualisasi KMP. Marina Segunda setelah melakukan docking tahunan:

Tampak luar

Cardeck

Ruang penumpang

Mushola

Ruang medis

Ruang laktasi

Toilet

jika dalam pelayanan terdapat kendala, silahkan hubungi nomor pengaduan yang disediakan oleh perusahaan pelayaran yang tertera disetiap ruang penumpang. Atau dapat menyampaikan keluhan kepada Satpel Pelabuhan Penyeberangan Lembar melalui layanan pengaduan Satpel Lembar.