Perbaikan Dermaga 1 Pelabuhan Penyeberangan Lembar

 

Halo kakak..!

Ada yang merasa tidak sejak awal bulan Agustus 2023 ini sering terjadi kemoloran jadwal keberangkatan di Pelabuhan Penyeberangan Lembar?

Laluuu lama menunggu untuk naik ke atas kapal?

Terusss jika berpergian dari Pelabuhan Penyeberangan Padangbai pas sudah sampai Pelabuhan Lembar, lamaa nunggu sandar buat bongkaran?

Kami dari Satpel Lembar minta maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi. Lantas kenapa semua ketidaknyamanan ini bisa terjadi?

Ini terjadi karena ada perbaikan di dermaga 1 (satu) di Pelabuhan Penyeberangan Lembar yang mulai di kerjakan sejak 29 Juli 2023.

Kan di Pelabuhan Penyeberangan Lembar memiliki 4 (empat) dermaga kalau ditutup 1 (satu) dermaga, ada 3 (tiga) yang beroperasikan yaitu dermaga 2(dua), dermaga 3 (tiga), dan dermaga 4 (empat). Kenapa masih terjadi ketidaknyamanan juga?

Iya kak benar ada 3 (tiga) dermaga yang bisa dioperasikan, namun perlu diketahui bahwa 3  (tiga) dermaga tersebut memiliki mempunyai tipe yang berbeda.

Dermaga 1 (satu) dan dermaga 2 (dua) merupakan dermaga dengan tipe Moveable bridge. Moveable Bridge adalah jembatan yang dapat bergerak mengikuti pasang surut air laut, agar kendaraan dapat berpindah tempat dari kapal ke dermaga ataupun sebaliknya dengan aman dan mudah. Jadi secara mekanis pengoperasiannya bisa disesuaikan dengan kondisi kapal dan pasang surut air laut dan menyesuaikam dengan ketinggian deck kendaraan pada kapal.

Sementara dermaga 3 (tiga) dan 4 (empat) merupakan tipe dermaga plengsengan. Dermaga pelengsengan adalah suatu kontruksi menyerupai jembatan/ jalan, yang digunakan untuk menghubungkan ramp door kapal agar kendaraan dapat berpindah dari kapal ke daratan. Jadi secara mekanis pengoperasian dermaga ini tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi pasang surut air laut dan tergantung konstruksi kapal yang akan sandar. Selain itu kedalaman dermaga 3 (tida) dan 4 (empat) lebih dangkal daripada dermaga 1 (satu) dan 2 (dua) yang mengakibatkan beberapa kapal dengan ukuran draft (permukaan kapal yang berada dibawah air) tertentu tidak bisa sandar di dermaga 3 (tiga)

Jadi secara umum ketidak nyamanan yang terjadi karena dermaga yang dapat dioperasikan secara optimal tanpa kendala faktor tertentu hanya 1 (satu) dermaga, yaitu dermaga 2 (dua). Sehingga terkadang menimbulkan antrian kapal untuk penggunaan dermaga 2 (dua). Sementara itu dermaga 3 (tiga) dan 4 (empat) hanya bisa dipergunakan oleh beberapa kapal tertentu dan tergantung pasang surut air laut.

Namun demikian, Kami Satpel Lembar tetap berupaya agar tidak terjadi keterlambatan keberangkatan atau lama sandar untuk kapal yang akan melakukan bongkaran dengan melakukan skema rencana kegitan bongkar muat dengan mengikuti kondisi pasang surut air laut dan karakter kapal yang dapat menggunakan dermaga yang tersedia.

Berdasarkan informasi yang kami dapat. Bahwa pengerjaan perbaikan Dermaga 1 (satu) direncanakan selsai tanggal 20 Agustus 2023 dan kegiatan operasional di Pelabuhnan Penyeberangan Kapal dapat berjalan normal kembali. DUM