KMP. Wihan Bahari kembali dari docking tahunan

 


Ada yang pernah merasakan naik KMP. Wihan Bahari milik PT. Trimitra Samudra?

Kapan terakhir kalai naik KMP. Wihan Bahari?

Yuuppp KMP. Wihan Bahari lama tidak terlihat dari jadwal karena telah melaksanakan Docking Tahunan di PT. Indonesia Marina Shipyard Gresik  Jawa Timur sejak tanggal 26 Juni 2023. Pada tanggal 3 Agustus 2023 PT. Trimitra Samudra melaporkan kepada BPTD Kelas II Nusa Tenggara Barat bahwa KMP. Wihan Bahari telah selesai melaksanakan Docking Tahunan  tanggal 1 Agustus 2023 dan tiba di Pelabuhan Lembar pada tanggal 3 Agustus 2023. KMP. Wihan Bahari telah kembali beroperasi di Lintasan Padangbai - Lembar sejak tanggal 9 Agustus 2023.

KMP Wihan Bahari ini merupakan kapal ferry buatan Jepang. Kapal ini sebenarnya mempunyai konstruksi 2 (dua) geladak kendaraan dimana pada saat masih berlayar diperairan Negara Jepang kedua geladak kendaraannya difungsikan. Geladak kendaraan atas (upper deck) hanya dipergunakan untuk kendaraan kecil seperti kendaraan pribadi dan sepeda motor, sedangakan geladak utama (bagian bawah) digunakan untuk kendaraan campuran. Namun saat di perairan Negara Indonesia terutama lintasan Padangbai - Lembar hanya 1 (satu) geladak kendaraan yang dipergunakan, yaitu geladak utama (bagian bawah). Sementara sekarang ini untuk geladak atas (upper deck) digunakan sebagai ruang istirahat supir dan tempat berkumpul (master station).

KMP. Wihan Bahari milik PT. Trimitra Samudra ini mempunyai dimensi ukuran panjang 57,02 meter lebar 13  meter dan memiliki berat kotor 868 GT (Gross Tonnage). Memiliki kapasitas angkut 222 orang penumpang sesuai dengan SKKP (Sertifikat Keselamatan Kapal Penumpang) dan 25 unit kendaraan roda empat campuran.

Posisi terakhir dari KMP. Wihan Bahari dapat dilihat pada tabel di bawah ini atau klick tombol yang tersedia.



Dari sisi fasilitas yang disediakan oleh KMP. Wihan Bahari, kapal ini memiliki 2 (dua) buah rampdoor di haluan dan buritan. Untuk fasilitas keamanan kendaraan selama berlayar, disediakan ganjal dan lashing untuk mencegah kendaraan bergerak atau terjatuh selama berlayar. Memiliki 4 (empat) buah anak tangga yang menghubungkan geladak kendaraan dengan ruang penumpang.

fasilitas yang disediakan bagi penumpang yaitu ruang penumpang ber-AC dengan kursi sofa. Selain itu juga terdapat ruang penumpang terbuka di bagian belakang ruang penumpang ber-AC. Memiliki ruang mushola dan tempat wudhu untuk melaksankan ibadah selama perjalanan. Bagi ibu yang ingin menyusui tersedia ruangan khusus untuk ibu menyusui. Apabila terdapat penumpang yang membutuhkan pertolongan medis, terdapat ruangan medis dan crew kapal yang kompeten dalam melakukan pertolongan pertama. Terdapat juga CCTV dan petugas keamanan yang menjaga keamanan.

Yang unik dari KMP. Wihan Bahari adalah interior ruang penumpang yang tata letak kursi dan meja masih dipertahankan dari pertama kali didatangkan dari Negara Jepang. Berikut visualisasi fasilitas yang yang ada di KMP. Wihan Bahari

Visualisai kapal


Geladak kapal utama

Ruang penumpang

Toilet


Nah itulah fasiltas yang ada di KMP. Wihan Bahari. Dan tak ketinggalan juga kami meminta dukungan dan partisipasi para pengguna jasa untuk meningkatkan pelayanan jasa penyeberangan di Satpel Pelabuhan Penyeberangan Lembar dengan cara menyampaikan keluhan, kritik dan saran melalui formulir aduan yang kami sediakan atau nomer aduan dari operator kapal yang tersedia di atas kapal.

Demikiann kami sampaikan kak. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam keseharian kita. Amiin...